Aksi Peduli Masa Depan Lingkungan: Penanaman 1428 Bibit Mangrove 

Ahmad Anwar Rosyidi

Pantai Ayah, Kebumen - Sabtu, 30 Desember 2023, sejak pukul 07.00 hingga 10.00 WIB, menjadi saksi aksi nyata dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon 2023. Lebih dari 100 peserta, terdiri dari berbagai unsur Muhammadiyah dan Ortom, Aisyiyah, Komangmu, serta komunitas lingkungan Kebumen dan Banyumas, berhimpun untuk menjalankan agenda ini.

Serangkaian kegiatan dimulai dengan apel persiapan penanaman dan serah terima bibit mangrove sebanyak 1428 dari PT ATLAS Cop Co Indonesia kepada LLHPB PDA Kebumen. Kemudian dilakukan Edukasi tentang teknik penanaman mangrove turut diselenggarakan oleh Tim Pansela, yang memberikan pemahaman mendalam bagi para peserta.

Mengusung Tema "Tanam Mangrove Sekarang Untuk Masa Depan," tema yang diusung dalam kegiatan ini menjadi pendorong semangat bagi peserta.

Metode penanaman dengan sistem pola asuh tak hanya selesai dengan penanaman, tetapi diikuti dengan pengawasan dan perawatan agar bibit mangrove dapat tumbuh optimal, memberikan manfaat berkelanjutan bagi lingkungan di masa yang akan datang.

"Kami berharap aksi hari ini tak hanya menjadi upaya sekadar menanam, tetapi juga menjadi tonggak awal bagi pengawasan dan perawatan yang berkelanjutan. Kita tidak hanya menanam untuk hari ini, tetapi untuk masa depan generasi mendatang," ujar Jariyah, SKM, Ketua LLHPB PDA Kebumen.

Dengan semangat kolaborasi dan kepedulian terhadap lingkungan, aksi menanam mangrove di Pantai Ayah ini menandai komitmen dalam menjaga ekosistem pesisir demi keberlanjutan hidup alam dan lingkungan untuk masa depan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.