Mengenal Manajemen Tombol Emosi Sederhana

Sudahkah orang tua bijak dalam menyalurkan emosinya? Sudahkah orang tua mampu mendidik anak-anak sesuai zamannya? Kalaupun belum, bagaimana caranya?

Alhamdulillah semua pertanyaan yang ada dalam benak setiap orang tua mengenai pengelolaan emosi yang sering diluapkan terhadap anak terjawab sudah pada acara Inspiring Parenting Talk Show yang diadakan oleh Sekolah Alam MI Muhammadiyah Klopogodo di Gedung Al Mabrur, Lapangan Manunggal, Gombong pada hari Ahad, 20 Januari 2019. Acara yang dihadiri oleh 300 peserta yang berasal dari orang tua/wali TK/RA se-Kecamatan Gombong Sempor berlangsung dengan penuh semangat. Peserta begitu antusias mendengarkan, memperhatikan setiap kata yang diucapkan oleh pembicara, Bunda Rofiah Akbar, M.Psi selaku psikolog di Lembaga Psikologi AIR VISION, Kebumen yang mengangkat tema “Mengenal Manajemen Tombol Emosi Sederhana”.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 ini menyajikan berbagai penampilan yang dikemas sangat apik oleh panitia. Tari, nahwu, dan tahfidz yang menjadi andalan sekolah Alam MI Muhammadiyah Klopogodo, telah memanaskan para peserta. Penampilan-penampilan ini adalah sebagian dari kegiatan ekstrakurikuler di MIKO. Selain itu, Kepala Sekolah Alam  MI Muhamadiyah Klopogodo, Moh. Nurwahid, S.Pd, memberikan sambutan dalam acara ini. Dalam sambutannya,  beliau  menyampaikan bahwa tujuan dari acara ini adalah agar orang tua mampu mengenali ilmu manajemen emosi dan mampu menyalurkan emosinya dengan benar.

Inti dari parenting yang disampaikan oleh pembicara; anak adalah amanah istimewa yang Allah anugerahkan berdasarkan doa orang tua sehingga harus disyukuri, dididik dengan benar. Emosi anak tergantung emosi orang tuanya. Manajemen emosi menjadi keharusan agar terhindar dari konflik dan stress. Beberapa treatment mengendalikan emosi yaitu mengambil jeda sesaat ketika marah, tarik nafas agar relaks, jangan langsung marah ketika ada gangguan kecil, namun jangan pula menumpuk kekesalan dalam jiwa yang dalam mengakibatkan stress, lepaskan rasa marah dengan bermain, alat musik, curhat dengan teman, kesabaran menjadi kunci mengendalikan marah dan senantiasa meluruskan motivasi pengasuhan. Terapi mengendalikan emosi yang bisa dipraktekan di rumah yaitu terapi senyum (senyum dengan bibir simestris kanan kiri selama 7 detik), terapi peluk (memeluk orang-orang yang kita sayangi selama 20 detik) untuk memunculkan hormon dophamin (hormon kesenangan).

Acara ini memberikan fasilitas kids corner sebagai tempat bermain anak-anak,  dooprize sebanyak 55 hadiah yang menarik, dan stand pendaftaran inden. Alhamdulillah MIKO termasuk satu-satunya MI di Gombong yang telah terpenuhi kuota pendaftaran tahun ajaran 2019/2020.

Acara ini dapat berlangsung dengan sukses atas pertolongan Allah dan dukungan para sponsor diantaranya PDM Kebumen, PCM Gombong, PCA Gombong, Ranting Klopogodo, SMP Muhammadiyah Gombong, BMT Lilis Suryani, BMT Al-Maun Karanganyar, BMT Al-Amin Gombong, LazisMU Gombong, Salamart, Mentari Mart, Surya Mart, PKU Muhammadiyah Gombong, Stikes Gombong, DKM Asyifa Gombong, PKU Muhammadiyah Sruweng, Terada Grup, Benteng Van der wich, BSC Gombong, Hasanah bakery, Bonita Bakery, BPR Ikhsanul Akmal, Dr. Fatah, Bapak Bagus Setiawan (Wakil Ketua DPRD Kebumen), Ibu Ana, Bapak Muridan, dan donator-donatur lainnya.
Ilmu yang disampaikan Bunda Rofi sungguh bermanfaat, sebuah keberuntungan yang besar bagi semua peserta.

Semoga ilmu yang didapat barokah dan acara ini diridhoi Allah. Aamiin

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.