SMP Muhammadiyah Ayah Mengakhiri Kegiatan MOS dengan Bersepeda santai

Tidak kurang dari 46 siswa baru SMP Muhammadiyah Ayah,mengikuti sepeda santai, Rabu (18/7). Menyusul diselenggarakannya masa orientasi atau forum ta'aruf siswa siswi baru (Fortasi).

Kegiatan sepeda santai untuk para siswa siswi baru SMP Muhammadiyah Ayah ini mengambil rute pendek sekitar beberapa Kilometer. Rombongan sepeda santai memulai start dari halaman SMP Muhammadiayah Ayah ke arah utara sekitar satu kilometer hingga pertigaan pasar desa Demangsari. Dari situ, rombongan berbelok ke arah barat,hingga melewati MIM Demangsari. Selanjutnya rombongan sepeda berbelok ke arah selatan menuju desa Bulurejo, melewati SDN 1 Bulurejo menuju perempatan, terus berbelok ke arah Timur melewati persawahan, Sambil menikmati kesegaran alam pedesaan dan luasnya hamparan tanaman padi,, para pesertapun bersemangat hingga menuju jalan raya utama. Kemudian rute sepeda santai itu diarahkan berbelok ke utara menuju sekolah dan finish di halaman SMP Muhamnadiyah Ayah.

"Alhamdulillah kegiatan sepeda santai ini dapat berjalan aman dan tertib, walaupun lalu lintas jalan raya ramai. Mereka juga melewati lingkungan pasar Demangsari yang cukup padat, karena bersamaan dengan hari pasaran. Pasar Demangsari adalah pasar utama di Kecamatan ayah yang dibangun oleh pemerintah Kabupaten Kebumen" papar Ketua PPDB, Roh Mulyati, S.Ag.

3 hari MOS yang bermakna
Kegiatan masa orientasi atau forum ta'aruf siswa siswi baru (Fortasi) diselenggarakan selama tiga hari sejak hari Senin (16/7). "Saya ikut merasakan kegembiraan dan kebahagiaan siswa dalam melaksanakan serangkaian kegiatan ini sejak awal hingga hari ini. Hal ini terlihat dari semangat dan keseriusan mereka" jelas Roh Mulyati.

Pada hari pertama  masuk sekolah diawali dengan upacara bendera hari Senin sekaligus pembukaan MOS atau Fortasi peserta didik baru tahun pelajaran 2018/2019. Rangkaian kegiatan selanjutnya meliputi sholat dhuha, pengenalan sekolah,dan materi waspada narkoba di sekitar kelas. Ada juga materi tentang kurikulum. Setiap hari kegiatan diakhiri dengan sholat dhuhur berjama'ah di Masjid Al Manar SMP Muhammadiyah Ayah.

Hari kedua masa Orientasi atau Forum Ta'aruf Siswa siswi baru,dimualai dengan apel pagi dengan membaca Ikrar Pelajar Muhammadiyah, menghafal suratan pendek Al Qur'an beserta tarjemahnya dan dilanjutkan dengan sholat dhuha. Setelah itu pengenalan materi literasi, pendidikan ke-Muhammadiyahan dan pendidikan karakter serta materi siswa berprestasi, Rangkaian kegiatan MOS hari ke dua di akhiri dengan sholat dhuhur berjama'ah dan dilanjutkan bersalaman antara guru dan semua siswa.

Pada hari ketiga Masa Orientasi Siswa atau Forum Ta'aruf Siswa Baru, berisi rangkaian kegiatan rutin seperti apel pagi dan menghafal surat pendek Al Qur'an beserta tarjemahnya,dilanjutkan dengan sholat dhuha. Setelah itu diadakan Sepeda santai yang diikuti siswa siswi baru SMP Muhammadiyah Ayah yang berjumlah 46 siswa dengan didampingi siswa kelas VIII dan IX serta guru. Setelah beistirahat secukupnya rangkaian MOS diisi materi Kepemimpinan dari IPM hingga sholat Dzuhur berjamaah.
Seluruh rangkaian kegiatan MOS siang itu dengan berjabat tangan antara siswa dan guru, dilanjutkan doa dan makan bersama. Doa dipimpin oleh takmir masjid Al Manar SMP Muhammadiyah Ayah. "Kegiatan do;a dan makan bersama ini merupakan bentuk rasa syukur atas limpahan rahmat Allah yang diberikan kepada SMP Muhammadiyah Ayah" tutur  Roh Mulyati, S.Ag kepada tim Portal Berita pdmkebumen.or.id

1 komentar:

  1. Wow,kreatif. Semoga bisa menjadi brand sekolah smpm ayah.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.